SURVEY
15 April 2021
LOGO
LPMP Provinsi Kalimantan Selatan
Detail Berita
Dipublikasi oleh LPMP Kalsel pada 11 Mei 2020 | Dilihat 154 kali
LPMP Kalsel Dapatkan Bimtek Dapomart

Dalam rangka distribusi data pokok pendidikan dan menengah, 34 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di seluruh Indonesia, termasuk LPMP Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Dapomart Tahun 2020 melalui tatap muka daring yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (04/05) sampai Kamis (07/05).

Apa itu aplikasi Dapomart, menurut Yusuf Rohmat MT yang menjadi narasumber materi Metabase – Simple Question, merupakan perkawinan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan data mart.

“Nama barangnya Dapodik, sementara datamart adalah konsepnya, konsep pengelolaan data sehingga namanya menjadi Dapomart,” ujarnya, di hari pertama bimtek berlangsung, Senin (04/05).

Diungkapkannya, bila masuk dalam Dapodik kita akan bingung karena ada ratusan tabel dengan ratusan ribu bahkan jutaan data yang tercatat. Untuk mempresentasikan dapodik agar lebih dipahami dan mudah diproses oleh seluruh unit, maka kita melakukan konsep data mart.

“Jadi data mart adalah simplifikasi dari data base dapodik yang sifatnya data raw dan tabelnya banyak disimplifikasi menjadi belasan tabel saja. Yang isinya sudah memfilter data yang aktif saja dan sudah disimplifikasikan dengan join tabel yang bisa diolah sesuai dengan keperluan,” jelasnya.

Yusuf Rohmat merupakan  narasumber dari Subbag Data dan Informasi yang saat itu  bertugas memaparkan di hadapan peserta kelompok 4. Pasalnya bimtek melalui aplikasi zoom ini dibagi menjadi 5 kelompok yang diikuti sekitar 20 peserta agar pembelajaran lebih maksimal. Masing-masing kelompok menggunakan tautan room meeting sendiri.

Yang tergabung dalam kelompok 4, selain 3 peserta dari LPMP Kalsel, juga ada dari LPMP Papua, Papua Barat dan Sulawesi Tenggara yang juga mengikutkan 3 ASN seabagai peserta, kemudian 2 peserta dari Maluku Utara dan Sumatera Selatan, serta 5 peserta dari Maluku.

Sementara materi yang diberikan dalam bimtek selama 4 hari hari pukul 09.00 – 13.00 Wita ini adalah Metabase – Simple Question, Metabase – Custom Question, Metabase – Custom Native Query, Matabase – Creative Dashboard, serta Kebijakan PAUD Dikdasmen dan Kebijakan Pendataan Pendidikan Melalui Dapodik. Selain teori, peserta juga diberikan tugas-tugas agar bisa langsung mempraktekkan yang telah disampaikan. Kemudian sebelum dan sesudah praktek dilakukan pretes dan postes untuk mengukur efektivitas bimtek dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta.